UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Zakat Karyawan Rp1 Miliar untuk Beasiswa 1.438 Pelajar dan Mahasiswa

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen padang Muhammad Arif menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan kepada perwakilan pelajar.
Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen padang Muhammad Arif menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan kepada perwakilan pelajar. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang menyalurkan beasiswa masuk sekolah untuk tahun ajaran 2021/2022 sebesar Rp1 miliar kepada 1.438 pelajar dan mahasiswa kurang mampu di Kota Padang, Senin (26/7/2021).

Bertempat di Kantor UPZ Baznas Semen Padang , penyaluran beasiswa dengan tema "Ceria Bisa Sekolah" itu, diserahkan secara simbolis oleh Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

baca juga: Semen Padang Kembali Raih Juara 1 Keterbukaan Informasi Publik

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengapresiasi UPZ Baznas Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan beasiswa masuk sekolah untuk seribuan pelajar kurang mampu di Kota Padang.

"Terimakasih UPZ Baznas Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan beasiswa masuk sekolah untuk pelajar dan mahasiswa kurang mampu. Mudah-mudahan kegiatan yang dilakukan hari ini, menjadi amal ibadah bagi kawan-kawan UPZ Baznas Semen Padang ," kata Oktoweri Kepada pelajar dan mahasiswa, serta orangtua dari penerima beasiswa masuk sekolah

baca juga: Dua Tim Inovasi Semen Padang Raih Predikat Tertinggi pada Ajang ICQCC 2021

Oktoweri pun berpesan untuk memanfaatkan bantuan beasiswa dari UPZ Baznas Semen Padang tersebut sebagaimana mestinya. "Jangan untuk beli pulsa dan paket internet, apalagi handphone. Gunakanlah bantuan beasiswa ini untuk biaya masuk sekolah, serta untuk membeli kebutuhan sekolah seperti seragam, sepatu, buku dan tas sekolah," ujar Oktoweri.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif menambahkan bahwa dana sebesar Rp1 miliar untuk program pendidikan ini, merupakan zakat karyawan PT Semen Padang yang disalurkan kepada penerima manfaat melalui UPZ Baznas Semen Padang .

baca juga: Dinas Kehutanan Sumbar-Semen Padang Tanam 1000 Bibit Taxus, Obat Anti Kanker di Gunung Singgalang

"UPZ Semen Padang hanya menyalurkan. Untuk itu, mari kita doakan agar PT Semen Padang maju dan berkembang, supaya karyawan PT Semen Padang bisa memberikan zakat yang lebih banyak untuk kami salurkan kepada para mustahik (orang yang menerima zakat)," katanya.

Arif pun merinci para pelajar dan mahasiswa yang mendapatkan bantuan beasiswa masuk sekolah dari UPZ Baznas Semen Padang . Untuk masuk SD sebanyak 19 orang, masing-masing mendapatkan bantuan beasiswa sebesar Rp300 ribu.

baca juga: Semen Padang Kirim Sembako untuk Korban Kebakaran di Depan SBPU Indarung

Kemudian untuk masuk SMP atau MTs sebanyak 642 orang, diberikan bantuan beasiswa masing-masing sebesar Rp500 ribu, untuk masuk SMA/SMK/MA sebanyak 719 orang diberikan bantuan sebesar Rp700 ribu.

Selanjutnya, untuk masuk perguruan tinggi sebanyak 40 orang diberikan sebesar Rp1,5 juta, dan untuk mahasiswa yang diterima kuliah di Timur Tengah sebanyak 18 orang, diberikan bantuan beasiswa masing-masing sebesar Rp5 juta.

Arif mengatakan, beasiswa masuk sekolah yang diserahkan sekarang ini merupakan program rutin UPZ Baznas Semen Padang , yaitu peduli pendidikan . Pada program ini, terdapat tiga kegiatan. Selain beasiswa masuk sekolah, dua kegiatan lainnya adalah beasiswa untuk anak bimbingan dan bantuan insidentil.

"Bantuan insidentil ini seperti bantuan untuk pelajar atau mahasiswa yang memiliki utang di sekolah. Utang di sekolah itu kami bayarkan, dengan catatan bahwa orangtua atau walimuridnya memang benar-benar tidak mampu untuk membayarnya," ujar Arif.

Sementara itu, salah seorang walimurid penerima bantuan beasiswa pendidikan bernama Dawarni (39), mengaku bahwa bantuan beasiswa ini sangat berarti sekali untuk biaya masuk sekolah anak pertamanya yang diterima sekolah di SMP Muhammadyah 5 Padang.

"Saya ini ibu rumah tangga dan suami kerja sebagai sopir truk. Tentunya, pendapatan suami pas-pasan untuk kebutuhan kami. Jadi, kami sangat berterimakasih kepada UPZ Baznas Semen Padang yang telah memberi kami bantuan beasiswa ," kata warga Kelurahan Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan itu usai menerima beasiswa dari UPZ Semen Padang .

Senada dengan Asnita, orangtua dari salah seorang penerima bantuan beasiswa pendidikan dari UPZ Semen Padang yang tinggal di rumah kontarakan kompleks B3 Unand, Gadut. Dikatakannya, beasiswa masuk sekolah ini akan dimanfaatkannya untuk kebutuhan sekolah anaknya.

"Alhamdulillah, bantuan ini sangat berarti bagi saya. Bantuan ini akan saya maksimalkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak saya yang diterima sekolah di SMP Negeri 21 Padang, yaitu untuk beli seragam sekolah, tas, sepatu dan buku," kata Asnita.

Wanita 55 tahun asal Batu Sangkar itu juga menyampaikan bahwa dirinya sudah tiga kali mendapatkan bantuan beasiswa masuk sekolah dari UPZ Semen Padang . Sebelumnya, anak saya nomor 5 dan nomor 6, juga mendapat bantuan yang sama saat masuk SMP dan masuk SMA.

"Saya bersyukur sekali bisa terus diperhatikan oleh UPZ Baznas Semen Padang , karena tanpa bantuan dari UPZ Semen Padang , tentunya saya akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak saya. Karena saya ini seorang janda dengan 7 orang anak," katanya.

"Saya sudah pisah dengan suami saya. Untuk menyambung hidup, saya ngamen di SPBU Ranah. Beberapa anak saya juga ikut bantu saya cari nafkah. Ada yang jadi tukang ojek, jadi kuli bangunan dan juga sopir angkot," ujarnya.(*)

Editor: Riki