UPZ Baznas Semen Padang

Selama Pandemi Covid-19, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Bantuan Modal Usaha untuk 78 Mustahik

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif.
Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif. (Riki S)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Sejak wabah Covid-19 hingga diberlakukannya era new normal oleh pemerintah sebagai solusi dalam mengendalikan wabah virus corona, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang telah mengalokasikan dana bantuan sebesar Rp288 juta lebih kepada mustahik untuk modal usaha .

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif mengatakan, bantuan modal usaha berupa barang senilai Rp3 juta hingga Rp6 juta itu disalurkan kepada 78 mustahik . Dan bantuan tersebut berasal dari zakat karyawan Semen Padang yang disalurkan melalui program Peduli Ekonomi Umat.

baca juga: Diadopsi dari Istana Bogor, Rusa Totol di Semen Padang Berkembang Biak

"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan modal usaha berupa barang itu, para penerima manfaat yang tergolong sebagai ashnaf nan delapan, bisa keluar dari kesulitan ekonomi, terutama saat masa pandemi Covid-19 ini," katanya saat ditemui di Kantor UPZ Baznas Semen Padang , Kompleks L150 Semen Padang , Selasa (30/6/2020) siang.

Disebutkannya, program Peduli Ekonomi Umat ini termasuk program unggulan UPZ Baznas Semen Padang , karena sebagian besar penerima manfaat bisa maju dan berkembang. Bahkan diantaranya, ada yang sukses menjadi pelaku UMKM, seperti pemilik rakik Syafni di Kelurahan Batu Gadang misalnya.

baca juga: Didukung Semen Padang, MTs Luki Berhasil Telorkan Lulusan yang 100 Persen Diterima di Sekolah Negeri

"Rakik Syafni itu termasuk UMKM unggulan saat ini, karena mampu memasarkan produknya hingga keberbagai daerah. Bahkan ada yang dipasarkan di Jakarta. Kemudian di samping itu, rakik Syafni juga ada di bawa ke Malaysia, Singapura dan Jepang sebagai oleh-oleh," ujarnya.

Selain Rakik Syafni, contoh lainnya adalah penjual sosis, naget, dan Pop Es yang mendapatkan bantuan etalase dan modal usaha dari UPZ Baznas Semen Padang . "Sebelumnya, Yeni hanya berpenghasilan kotor sekitar Rp150 sehari. Tapi sejak kita bantu, pendapatannya meningkat 100 persen," bebernya.

baca juga: Semen Padang Schools, Sekolah dengan Segudang Prestasi dan Pencetak Siswa Berkualitas

Di samping memberikan bantuan modal usaha berupa barang, kata Arif melanjutkan, UPZ Baznas Semen Padang juga rutin meninjau perkembangan usaha para penerima bantuan Program Peduli Umat. Jika di lapangan ditemukan berbagai kendala, UPZ pun akan mencarikan solusinya.

"Kalau pun ada yang mengalami kendala, kami pun akan carikan jalan keluarnya, karena UPZ Baznas Semen Padang bukan hanya sebatas menyalurkan bantuan saja, tapi juga membantu agar penerima manfaat bantuan program Peduli Umat bisa maju dan berkembang," tuturnya. (*)

baca juga: Marching Band Semen Padang Torehkan Prestasi di Dua Iven Nasional

Editor: Riki Suardi