Tentang UPZ Baznas Semen Padang

UPZ PT Semen Padang
UPZ PT Semen Padang ()

Sebelum tahun 1995, zakat karyawan dikumpulkan pada waktu-waktu tertentu dan dikelola oleh seksi sosial di Korpri PT.Semen Padang. Di awal tahun 1995 (Ramadhan/Januari), muncul ide dari beberapa karyawan untuk meningkatkan pelaksanaan zakat . Hal ini disampaikan pada direksi dan mendapat respon yang positif, maka dihimpun sebagian zakat (1%) dari gaji karyawan PT. Semen Padang setiap bulannya dalam lembaga Bazis Unit Korpri PT. Semen Padang.

Pada periode pertama ini tercatat nama-nama seperti : Khairul Nasri, Fuad Salim, Gatot Kustiadji, Johan Samudra, Teguh Sutrisno, Mustamir Darwis, dan beberapa nama lainnya sebagai pengurus yang di-SK-kan langsung oleh Direksi PT. Semen Padang.

baca juga: Berkat UPZ Baznas Semen Padang, Pondok Pesantren Darul Ulum Sikakap Sukses Kembangkan Usaha Penggemukan Sapi

Januari 1997, semakin terasa manfaat keberadaan Bazis, hal ini memicu semangat pengurus untuk menyempurnakan penunaian zakat (2,5%) dari gaji karyawan (pada saat moment kenaikkan gaji), dan sekali lagi direksi memberikan respon positif. Dalam pelaksanaan penyempurnaan ini juga mendapat dukungan dari ulama. Dan, untuk lebih sempurnannya pelaksanaan zakat maka dibentuk badan pertimbangan syari'ah.

Program UPZ PT Semen Padang
Program UPZ PT Semen Padang

Januari 1998, Bazis Korpri PT. Semen Padang berubah nama menjadi Bazis Semen Padang dengan adanya SK Direksi PT. Semen Padang. Dengan adanya Undang Undang RI No 38 tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat , Januari 2002, maka dibentuk Yayasan Lembaga Amil Zakat Semen Padang (LAZ-SP) dengan akte notaris no.05/y/2002 tanggal 21 Januari 2002.

baca juga: Dibantu UPZ Semen Padang, Usaha Bed Cover Ref Irmawati Raup Omzet Rp140 Juta/Bulan

Sesuai dengan amanat Undang Undang No. 23 tahun 2011, PP 14 2014 dan Inpres No. 3 tahun 2014 TMT 24 Nopember 2016, Yayasan LAZ Semen Padang dinyatakan tidak beraktivitas lagi.

Penghargaan UPZ PT Semen Padang
Penghargaan UPZ PT Semen Padang

Pada 21 Desember 2016 dengan keluarnya SK Ketua Baznas No. 57 tahun 2016, menandai berdirinya UPZ Baznas Semen Padang yang aktivitasnya dimulai pada bulan April 2017.

VISI

Menjadi Pengelola Zakat yang amanah, transparan, auditable dan professional dalam meningkatkan taraf hidup penerima manfaat.

MISI

1. Memberdayakan, mengembangkan potensi dan meningkatkan taraf hidup penerima manfaat.

baca juga: Kisah Sukses Syamsuarina, Penerima Pertama Beasiswa UPZ Baznas Semen Padang Tahun 1995

2. Meningkatkan profesionalisme amil zakat .

3. Mungurangi angka kemiskinan.

baca juga: Selama September, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Rp105,5 Juta kepada Para Mustahik

4. Mendorong bertambahnya muzakki di wilayah Sumatera Barat

Editor: Kerjasama KlikPositif